Tuesday, 14 July 2015

Bahaya !!! Minum Sekali Teguk

Minum sekali teguk

Di antara bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh minum dengan sekali teguk antara lain ialah: dengan minum satu tegukan sekaligus dikhawatirkan akan memicu keluarnya air dari tenggorokan karena tertutupnya saluran air (tenggorokan) disebabkan benyaknya air yang masuk kedalamnya sehingga akan menyebabkan orang yang melakukannya akan tersendak. Akan tetapi jika orang yang bersangkutan mau ngambil napas bareng sedikit ketika minum, maka dia akan terhindar dari masalah seperti ini.


Beberapa manfaat dari mengambil napas pada saat minum adalah: Bahwasanya seseorang jika minum untuk pertamakalinya, maka akan keluar dari tubuhnya uap panas yang berasal dari organ hati dan lever disebabkan terguyurnya kedua organ tersebut oleh air dingin yang secara alami akan memicu muncul nya uap tersebut. Jika seseorang minum sekali teguk sekaligus, maka air dingin yang diminum tersebut akan masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan naik nya uap dari dalam tubuh, sehingga keduanya akan saling mendorong dan bertumpang tindih. Hal itulah yang menyebabkan kembali keluar air dari tenggorokan atau tersendak. Orang yang mengalaminya juga tidak akan mendapatkan manfaat dari air yang dia minum, tidak akan merasakan nikmatnya, dan rasa hausnya tidak dapat hilang.

“Jika salah seorang dari kalian minum, maka hendaklah ia minum sedikit demi sedikit dan jangan minum sekaligus. Karena penyakit kubad (penyakit lever) dipicu oleh (kebiasaan) minum sekali teguk.” (HR. Muslim)

Yang dimaksud dengan “kubad” adalah sakit lever.
 Penyakit LiverBerdasarkan percobaan telah diketahui bahwa masuknya air ke dalam lever secara sekaligus akan dapat merusak organ ini serta dapat mengurangi temperaturnya. Penyebabnya adalah karena terjadinya benturan antara panas organ tubuh ini yang bertemu dengan air yang bersuhu dingin dalam jumlah yang banyak. Kalau saja air itu masuk sedikit demi sedikit, maka ia tidak akan berbenturan dengan suhu lever yang dapat merusak kualitasnya. Fenomena ini sama persis di saat kita menuangkan air dingin kedalam panic yang sangat panas. Jika kita menuangkan air ke dalamnya dengan cara sedikit demi sedikit, maka air tidak akan merusak panic tersebut.

Tarmidzi meriwayatkan di dalam kitab Jami' sebuah sabda Rasulullah Saw yang berbunyi,

“Janganlah kalian minum dengan sekali teguk seperti minumnya unta, tetapi minumlah dua atau tiga kali teguk. Dan bacalah Basmalah jika kalian minum, serta bacalah Hamdalah jika kalian selesai minum.”

Membaca basmalah sebelum makan atau minum, dan membaca hamdalah sesudah makan dan minum,  memiliki pengaruh yang luar biasa dalam bentuk manfaat, kenikmatan rasa, dan terhindarnya orang yang melakukannya dari bahaya yang mungkin terjadi.

Ima Ahmad berkata bahwa jika suatu makanan telah menghimpun empat hal, maka telah sempurnalah ia. Keempat hal itu ialah: Menyebut nama Allah Swt di awalnya, memuji Allah Swt di akhirnya, banyak yang menimatinya, dan makanan itu adalah makanan yang halal.

Artikel Terkait

1 comments so far

njirr saya suka minum sekali teguk apalagi di bulan pausa yang bikin haus kayak gini jadi bahaya toh.


EmoticonEmoticon