Thursday, 9 July 2015

Cara Membersihkan Mouse Komputer

Membersihkan Mouse
membersihkan mouse

Jagalah mouse anda tetap sehat dengan selalu membersihkannya. Selanjutnya agar menggunakan mouses jadilebih nyaman ,mouse perlu dioverclock sesuai kebutuhan. Mungkin anda termasuk orang yang memiliki mouse tak terurus, atau bahkan malah sangat dekil hingga benar benar mirip tikus benaran ? Semua pernah merasakan seberapa besar mouse yang kotor.

Untuk membersihkan mouse tidaklah berat dan melelahkan dari mencuci mobil. Pada saat pemakaian dalam jangka waktu yang lama, debu dan kotoran yang dipungut di atas meja oleh gelindingan bola akan mengotori bola tersebut, dan ini menyebabkan pointer bergeraknya jadi terhambat. Berikut ini yang dapat Anda ikuti untuk langkah langkah permbersihan mouse yang kotor.
1. Semua yang ada di dalam mouse dilepaskan, segala macam sampah, dan bahan yang pekat menentukan bekerja dengan baik atau tidaknya mouse.
Membersihkan Mouse
membersihkan mouse di bagian ball laser
2. Wujud dari kotrnya mouse termasuk pointer yang meloncat-loncat pada layar atau bahkan tidak berkutik sama sekali.
3. Dibutuhkan kain katon atau kapas dan alkohol, sangat di sarankan menggunakan alkohol yang memiliki giycerin (licin0.
4. Lepaskan bola mouse, Biasanya terlebih dahulu melepas gelang pengunci yang terbuat dari plastik dengan jalan memutarnya.
5. Selanjutnya, bersihkan ball dengan sebuah kain pembersih, bersihkan semua sisi
6. kembalikan ball di dalam tempatnya dan putar lempengan untuk menguncinya. Kini, mouse anda jadi bagus kembali.

Namun bila gerakan kursor di layar sudah sangat kasar, kemungkinan besar sdah banyak debu-debu yang mengeras pada sensornya (terutama roller) sehingga membentuk semacam 'daki'. Cara membersihkan mouse daki tersebut caranya sebagai berikut :

  • Buka mur penutup mouse
  • Dengan obeng yang ujungnya lurus atau obeng kembang, perhatikan sisi mouse. Nampak dua gerindingan (roller) yang bergerak horizontal dan vertical. Bagian ini yang biasanya terlihat lebih kotor. Gunakan kain katon dan alkohol secukupnya untuk mengusapnya. Tidak perlu terlalu banyak alkohol asalkan membasahi kainnya saja sudah cukup. Gosol roller sembari memutar sampai semua sisinya
  • Saat kedua roller sudah bersih, keringkan barang sejenak. Tiup lubang bola untuk menghembus debu lalu gosoklah dengan kain non-tiras tersebut, Jika perlu bersihkan dengan memakai kain katun.
  • Bersihkan Juga permukaan penyangga bola. Penyangga ini turut berputar sesuai dengan gerakan bola mouse, sehingga biasanya 'berdaki' juga.
  • Terakhir, bersihkan bola mouse sesuai dengan cara yang telah di tunjukan di atas.
  • Pasang ulang mouse kembali, lalu ujilah mouse tersebut.
Sekian tips bagaimana cara membersihkan mouse yang benar, Semoga bermanfaat :)
Hastag:
#Membersihkan Mouse Komputer  #Cara Membersihkan Debu Mouse  #Cara Merawat Mouse
#Cara Memperbaiki Mouse  #Cara Perawatan Mouse  #Membersihkan Laser Mouse 



Artikel Terkait

2 comments

bermanfaat gan .. ane coba ah

Artikel nya bermanfaat gan untuk perawatan mouse kita ;)


EmoticonEmoticon