Sunday, 12 July 2015

Glosarium , Kesehatan , Biologi, Kedokteran , Penyakit

·     
Glosarium kesehatan penyakit biologi

      Antioksidan: Adalah senyawa yang melindungi sel dari efek merusak bahan berbahaya semisal dari radikal bebas yang menyebabkan penyakit, seperti kanker dan pengerasan pembuluh darah.

·     Antosianim: Adalah zat pemberi warna (pigmen) secara alami pada berbagai jenis tumbuhan, baik pada bunga, buah, dan daun. Beragamnya warna yang kita dapati pada tumbuhan dapat menjadi indicator tingkat PH lingkungan tempat tumbuhan tersebut

·     Asam Amino: Adalah senyawa yang fungsinya sangat penting sebagai hasil akhir proses pencernaan protein dan juga sebagai penyusun protein

·     Asam folat: Adalah senyawa kimia berupa vitamin B9, larut dalam air dan penting untuk berbagai fungsi tubuh, di antaranya untuk pembelahan dan pertumbuhan sel, produksi darah merah, dan mencegah anemia. Kata ‘float’ diambil dari kata bahasa Latin ‘folium’ yang berarti daun, karena sumber utamanya terdapat dalam makanan yang berasal dari daun berwarna hijau tua.

·     Asam askorbat: Adalah senyawa kimia yang disebut juga sebagai Vitamin C, berupa bubuk Kristal kuning keputihan, larut dalam air dan bersifat antioksidan. Penyakit akibat kekurangan vitamin C disebut skorbut (scorbutus)

·     Asam lemak: Adalah suatu senyawa yang bersama dengan senyawa lain (yaitu gliserol) menjadi penyusun utama bagi minyak nabati atau lemak. Ditemukan pada minyak masak/minyak goring, margarine, dan lemak hewan.

·     Autis: Adalah suatu kondisi terisolasi seseorangs ejak lahir ataupun di usia balita, yang membuat dirinya tidak mampu membentuk hubungan social dan komunikasi yang normal.

·     Degeneratif: Adalah penyakit yang mengiringi proses penuaan. Saat ini sekurangnya ditemukan puluhan penyakit degenerative, di antaranya termasuk osteoporosis, penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

·     DHA: Adalah asam lemak tidak jenuh yang berperan dalam perkembangan otak yang disintesa dari asam linoleat (omega-3)

·     Diabetes: Adalah dikenal juga sebagai penyakit kencing manis, suatu kelainan metabolic yang disebabkan oleh banyak factor, di antaranya gangguan metabolism karbohidrat, lemak, dan protein.


·     Dislokasi: Adalah cedera yang dihasilkan oleh gaya yang menyebabkan sendi melampaui batas normal anatomisnya berupa beralihnya permukaan sentuh tulang yang menyusun sendi.

·     Diuretik: Adalah istilah yang digunakan untuk suatu kondisi, sifat, atau penyebab naiknya laju urinasi.

·     DNA: Adalah penyusun utama berat kering setiap organism, sejenis asam nukleat dan umumnya DNA terletak di inti sel dan sebagai tempat menyimpan cetak biru segala aktivitas sel.

·     Enzim: Adalah protein yang berfungsi sebagai senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa ikut habis bereaksi (katalis). Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung cukup cepat.

·     Epinefrin: Adalah hormone yang memicu reaksi terhadap tekanan dan gerak tubuh, juga memicu reaksi terhadap efek lingkungan, semisal suara tinggi atau cahaya terang. Reaksi yang dapat kita rasakan berupa keringat dingin, frekuensi detak jantung, atau perasaan terkejut.

·     Esophagus: Adalah disebut juga kerongkongan, berupa tabung berotot yang ada pada vertebrata dan menjadi jalur penyalur makanan dari bagian mulut ke lambung.

·     Fitokimia: Adalah disebut juga fitonutrien, dalam artiluas adalah segala segala jenis zatkimia (nutrien) yang diturunkan dari sumber tumbuhan. Fitokimia biasanya digunakan sebagai istilah untuk merujuk senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan, sekalipun tidak dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh

·     Gastroesophageal reflux disease (GERD): Adalah kondisi adanya aliran balik arah dari isi lambung menuju kerongkongan yang menimbulkan gejala gangguan hingga komplikasi.

·     Glikogen: Adalah salah satu jenis polisakarida simpanan dalam tubuh, terutama disimpan di sel hati dan otot. Hanya dapat berperan sebagai simpanan energy jangka pendek

·     Gliserol: Adalah komponen penyusun berbagai macam lipid, terasa manis saat di kecap namu sejatinya bersifat racun, dapat diperoleh dari proses pengolahan minyak goring.

·     Glukagon: Adalah senyawa yang diproduksi di sel alfa pancreas; pada prinsipnya berperan menaikan kadar gula di dalam darah.
      
      Glukosa: Adalah salah satu hasil utama fotosintesis tumbuhan dan komponen awal dalam respirasi; merupakan salah satu karbohidrat terpenting sebagai sumber tenaga bagi tumbuhan dan hewan.

·     HDL/Lipoprotein Densitas Tinggi: Adalah singkatan dari high-density lipoprotein, disebut juga kolestrol baik, merupakan jenis kolestrol yang membawa kolestrol jahat (LDL) dari arteri menuju organ tempat penawar racun yaitu hati.

·     Heartburn: Adalah sensasi terbakar pada dada yangs sering menjadi parah pada saat mengambil posisi terbaring atau membungkuk.

·     Hemiselulosa: Adalah polisakarida pengisi ruang antara serat-serat selulosa dalam dinding sel tumbuhan, dapat di ekstrak dalam larutan basa.

·     Hidrogenisasi: Adalah  istilah yang merujuk pada reaksi kimia yang menghasilkan adisi hydrogen (H2).

·     Hipertensi: Adalah disebut juga ‘dara tinggi’, suatu keadaan ketika seseorang mengalami peningkatan tekanan dara di atas normal atau kronis (dalam waktu yang lama).

·     Hormon: Adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antar kelompok sel, beredar di dalam sirkulasi darah dan cairan sel.

·     Indeks glikemik: Adalah dapat dikatan sebagai ‘ranking pangan’ menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah, yaitu angka yang menunjukan potensi peningkatan glukosa darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan.

·     Body Mass Index: Adalah suatu rasio pengukuran yang membandingkan berat badan dengan tinggi badan.

·     Insulin: Adalah sebuah hormone polipeptida yang mengatur metabolism karbohidrat, penting dalam homeostasis karbohidrat dan metabolism lemak.

·     Kafein: Adalah suatu senyawa yang berbentuk Kristal berasa pahit dan bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik.

·     Karbohidrat: Adalah senyawa organik yang memiliki beragam fungsi di dalam tubuh dan juga paling melimpah di bumi.


Kasein: Adalah hasil pengolahan susu yang larut dalam larutan alkali dan asam pekat, digunakan sebagai stabilisator  emulsi air susu, industry pembuatan kertas, dan dalam pembuatan pelat      


Katarak: Adalah sejenis kerusakan mata yang menyebabkan mata menjadi keruh dan cahaya tidak bias menembusnya akibat kerusakan pada lensa mata.

·     Kelenjar adrenal: Adalah kelenjar endokrin yang terletak di atas ginjal, bertanggung jawab dalam pengaturan respons stress pada sintesis kortisol dan gormon adrenalin.

·     Klorofil: Adalah terdapat pada tumbuhan, merupakan kelompok pigmen fotosintesis yang bertanggung jawab dalam penyerapan cahaya merah, Biru, dan Ungu serta merefleksikan cahaya hijau yang menyebabkan tumbuhan memperoleh cirri warnanya.

·     Kolestrol: Adalah hasil metabolism yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membrane sel dan disirkulasikan dalamplasma darah.

·     Kortisol: Adalah hormone yang penting, sering disebut hormon stress, berperan meningkatkan tekanan darah dan kadar gula darah, bersifat menekan imunitas

·     Kwashiorkor: Adalah disebut juga bsung lapar, sebuah fenomena penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan kronis protein.

·     LDL/Lipoprotein Densitas Rendah : Adalah singkatan dari low-density lipoprotein, disebut juga kolestrol jahat.

·     Lemak: Adalah sekelompok besar molekul-molekul alam yang terdiri unsure unsure karbon, hydrogen, dan oksigen

·     Metabolisme : Adalah semua rekasi kimia yang terjadi di dalam organisme, baik yang terjadi di dalam multiseluler maupun di tingkat seluler.

·     Nutrisi: Adalah subtansi organic yang dibutuhkan organism untuk fungsi normal dari system tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan.

·     Oksidasi: Adalah suatu proses penimbunan lemak di tubuh yang berlebihan hinggamenyebabkan berat badan berlebih.

·    Pigmen: Adalah zat pewarna organic dalam tubuh makhluk hidup

·    Resistensi Insulin: Adalah Kondisi saat sensitivitas insulin menurun.

·    Stres oksidatif: Adalah keadaan saat jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas untuk menetralkannya.


Vitamin: Adalah sekelompok senyawa organic berbobot molekul kecil yang memiliki gungsi vital dalam metabolism setiap organism dan tidak dapat di hasilkan oleh tubuh
·     Yoghurt: Adalah produk susu dengan cara fermentasi bakteri

·     Zat aditif: Adalah lebih popular disebut sebagai bahan tambahan makanan atau aditif makanan; bahan yang ditambahkan secara sengaja kedalam makanan dalam jumlah kecil untuk tujuan memperbaiki citarasa, penampakan dan daya simpan


Artikel Terkait

1 comments so far

Mantap gan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, terimakasih...


EmoticonEmoticon