Sunday, 5 July 2015

Hadis Hadis Yang Menganjurkan Pengobatan


Hadis Tentang Obat

PERINTAH UNTUK BEROBAT TANPA MENAFIKAN SIKAP TAWAKAL :

Berobat dalam IslamDi dalam hadis-hadis shahih ini ada perintah untuk mengobati dan itu tidaklah menafikan tawakal, seperti halnya dorongan mengobati penyakit lapar, haus, panas, dan dingin dengan kontradiksinya tidaklah menafikan tawakal. Bahkan, hakikat tauhid akan sempurna dengan peran langsung sebab-sebab untuk memenuhi musababnya yang di tegakan Allah SWT secara takdir dan syar'i. Dan Jika mengabaikan pengobatan berarti menodai tawakal itu sendiri seperti halnya menodai perintah dan hikmah Allah SWT. Maka, praduga meninggalkan pengobatan akan memperkuat tawakal, itu justru melemahkan arti tawakal itu sendiri, karenanya meninggalkan pengobatan berarti kelemahan dan menafikan tawakal. Hakikat tawakal adalah hati berpegang teguh kepada ALLAH SWT dalam menghasilkan manfaat bagi hamba dalam masalah agama ataupun dunianya, keteguhan ini seiring belangsung nya sebab-sebab. Dengan tanpa keteguhan ini, berarti mengabaikan hikmah dan syara' sehingga hamba tidak akan menjadikan kelemahan nya sebagai tawakal, dan tawakalnya sebagai kelemahan.

Berikut ini adalah kutipan Hadis Hadis yang menganjurkan untuk menjalani pengobatan :

DALAM kitab shahih Imam. Muslim meriwayatkan hadis dari Abi Zubair, dari jabir bin Abdullah, dari Nabi SAW bersabda ,

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءُ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ
“Setiap penyakit ada obatnya. Apabila obat itu tepat untuk suatu penyakit, penyakit itu akan sembuh dengan seizin Allah ‘Azza wa Jalla.”

Dalam kitab ash-Shahihain, diriwayatkan oleh 'Atha' dari Abi Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً
“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Di dalam kitab Musnad Imam Ahmad dari hadis Ziyad bin 'Alaqah, dari Usamah bin syarik berkata, "Pada suatu hari aku berada di tempat Nabi, tiba-tiba datanglah orang orang Arab pedalaman. Mereka bertanya, 'Wahai Rasulullah Saw, haruskah kita berobat?' Rasul Menjawab,

يَا عِبَادَ اللَّهِ تَدَاوَوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ شِفَاءً أَوْ قَالَ دَوَاءً إِلَّا دَاءً وَاحِدًا قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُوَ قَالَ الْهَرَمُ
"Wahai hamba – hamba Allah ! berobatlah , sesungguhnya Allah tidak akan meletakkan  suatu penyakit kecuali meletakkan penyembuhnya atau obatnya kecuali satu penyakit . Para sahabat  bertanya : “ Apakah itu, wahai Rasulullah !Rasul bersabda : “ Pikun  “.

Berkenaan dengan Hadis ini terdapat penambahan lafal,

إِنَّ اللهَ لَمْ يَنْزِلْ دَاءً إِلاَّ أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً، عَلِمَهُ مَنْ عَلِمَهُ وَجَهِلَهُ مَنْ جَهِلَهُ
“Sesungguhnya Allah I tidaklah menurunkan sebuah penyakit melainkan menurunkan pula obatnya. Obat itu diketahui oleh orang yang bisa mengetahuinya dan tidak diketahui oleh orang yang tidak bisa mengetahuinya.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Hakim, beliau menshahihkannya dan disepakati oleh Adz-Dzahabi. Al-Bushiri menshahihkan hadits ini dalam Zawa`id-nya. Lihat takhrij Al-Arnauth atas Zadul Ma’ad, 4/12-13)

Di dalam al-Musnad dari hadis Ibnu Mas'ud yang diriwayatkan secara marfu', “Sesungguhnya Allah I tidaklah menurunkan sebuah penyakit melainkan menurunkan pula obatnya. Obat itu diketahui oleh orang yang bisa mengetahuinya dan tidak diketahui oleh orang yang tidak bisa mengetahuinya.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Hakim, beliau menshahihkannya dan disepakati oleh Adz-Dzahabi. Al-Bushiri menshahihkan hadits ini dalam Zawa`id-nya. Lihat takhrij Al-Arnauth atas Zadul Ma’ad, 4/12-13)

Di dalam kitab al-Musnad dan as-Sunan dari Abu Khuzamah berkata, "Aku berkata, 'Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu tentang ruqyah yang kita gunakan untuk mantra, obat-obatan yang bisa menyembuhkan dan kehatian-hatian untuk menjaga diri, apakah hal itu bisa menolak takdir Allah Swt?' Rasul menjawab, ' Hal itu pun merupakan takdir Allah Swt."

Itulah Pemahaman dan hadis hadis tentang perlu nya kita berobat semoga bermanfaat untuk pembaca wassalam :)

Hastag :
#Hadis tentang penyakit #Hadis Tentang Berobat #Berobat dalam islam
#Kesehatan dalam Islam #Dalil ruqyah #menyembuhkan berbagai penyakit dalam islam

Artikel Terkait

2 comments

Setuju banget mas..
Kebetulan saya suka bgt artikel kesehatan, nah ini udah ada hadisnya jadi makin lengkap ilmunya :)
Makasih udah share :)


EmoticonEmoticon