Sunday, 5 July 2015

Mengobati Diare Dengan Madu


Mengobati diare dengan madu

Mengobati diare dengan madu dalam islam , Dalam Shahihaim dari hadis Abi al-Mutawakkil dari Abi Sa'id Al-Khudri,


"Seorang lelaki mendatangi Rasulullah Saw dan berkata, "Sesungguh nya saudaraku mengeluhkan perutnya," dalam riwayat lain, "Diare."

Rasul menjawab, " Obatilah dengan madu." 
Lelaki itu pun pergi dan kembali lagi, lalu berkata, "Aku telah meminumnya, tetapi tidak ada reaksi apapun - dalam suatu riwayat menggunakan lafal, "Tetapi diarenya malah semakin parah."
 Selama dua atau atau tiga kali, beliau selalu mengatakan, "Minumkan madu kepadanya," lalu Rasul bersabda untuk yang ketiga atau keempat kalinya, "Allah Swt Mahabenar dan perut saudaramu yang berdusta." 

Dan di dalam Shahih Muslim pada lafal, "Sesungguh nya saudaraku tidak sehat perut nya," yakni rusak pencernaan nya, dan sakit lambungnya. Isim di sini, Al-' Arabu dengan memfathah huruf ra', dan Adz-Dzarabu

Jadi Madu adalah penyembuh dan memang benar serta harus kita yakini, akan tetapi tidak sembarangan mengobati ada caranya dan perlu ilmunya. Dalam hal ini perlu pengalaman thabib. Di zaman sekarang ini perlu penelitian ilmiah mengenai hal ini.
Khasiat madu untuk pengobatan juga termasuk pengobatan diare dengan madu tidak diragukan lagi karena Allah telah berfirman tentang khasiat lebah.

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah,”Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,” Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan. [An Nahl :68,69].
Begitu juga dalam hadits. dari Sa’id Ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas dari Nabi, BeliauShallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ شَرْبَةِ عَسَلٍ وَشَرْطَةِ مِحْجَمٍ وَكَيَّةِ نَارٍ وَأَنْهَى أُمَّتِي عَنِ الْكَيِّ

“Kesembuhan ada didalam tiga perkara; meminum madu, berbekam dengan gelas dan bakaran api. Tetapi aku melarang umatku melakukan pembakaran dengan besi.” 

Hastag :
#Manfaat madu #Madu dalam Islam #Hadis tentang madu
#Mengobati Diare dengan madu #Madu obat diare




Artikel Terkait

1 comments so far

sya baru tau kalo madu bisa menyembuhkan diare :D


EmoticonEmoticon