Sunday, 5 July 2015

Cerita seru tentang Sejarah Internet

Sejarah Internet

 Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer komputer di seluruh dunia. Dengan internet
sebuah komputer bisa mengakses data yang terdapat pada komputer lain di benua yang berbeda. Dengan internet, sebuah toko online bisa tetap terbuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa henti. Dengan Internet, kejadian penting yang terjadi di suatu negara bisa segera di ketahui oleh orang lain di negara yang berbeda.

Jika menilik sejarah internet, Internet dan jaringan komputer adalah hasil evolusi dari ARPANET, sebuah proyek riset tingkat tinggi yang di miliki oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. DARPA mensponsori perkembangan jaringan yang menggunakan internet Protocol (IP), TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).

Sejarah Internet
Internet
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of Califonia, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET di perkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengatur nya. Oleh sebab itu ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya di kenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian di sederhanakan menjadi internet.

Pada tahun 1982 Istilah "Internet" pertama kali di gunakan, dan TCP/IP di adopsi sebagai protocol universal untuk jaringan tersebut. Pada tahun 1986 di perkenalkan sistem nama domain , yang sekarang di kenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan system pemberian nama alamat di jaringan komputer. Singkat nya begini, Komputer hanya mengenal IP Address, Dengan DNS anda cukup mengingat www.google.com karena DNS nanti yang akan menerjemahkan menjadi 173.194.38.165 dan kemudian akan di akses ke komputer kita.

Berkaitan dengan DNS ini, pada 9 juli 2012 diisukan akan terjadi kiamat internet yang terjadi. Ini terjadi karena telah tersebar DNS Charnger ke seluruh dunia. DNS Charnger adalah program jahat yang dapat merubah konfigurasi Domain Name Server (DNS) pada komputer korban. Secara diam diam, program jahat ini mampu mengarahkan DNS korban ke server DNS palsu milik Rove Digital.

Seharus nya alamat DNS setiap komputer di arahkan ke server DNS milik penyedia layanan internet
ISP (Internet Service Provider)  , Penjahat nya sudah di tangkap oleh FBI dan kepolisian Estonia. Pada tanggal 9 juli 2012 kemarin FBI di perintahkan untuk mematikan DNS palsu tersebut yang di duga akan membuat komputer di berbagai belahan dunia tidak mengakses internet karena dia tidak bisa mendapatkan IP Address sesungguh nya ketika dia mengetikan sebuah alamat web www.google.co.id. Namun ternyata hal itu tiddak terjadi / tidak bisa di akses. Orang-orang dapat tetap mengakses Internet tanpa hambatan yang berarti.

Hastag :
#Sejarah Internet        #Pembuat Internet     #Pengertian DNS        
 #Kiamat Internet #Cerita Seru Sejarah Internet   #Pencetus Internet    
 #Pengertian ARPA net   #DNS Charnger

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page

4 comments

:O ternyata selama ini , begitu to sejarahnya

Mantaf gan... ane jadi lebih paham nih thanks :)

nice gan, baru tau kalo dulu namanya arpanet

Nice infonya, jadi semakin tambah pengetahuan :)


EmoticonEmoticon