Sunday, 12 July 2015

Sulitnya belajar Eksak Ini Tips Gampang Belajar Eksak


Sudah menjadi hukum kebiasaan, untuk mengatasi sebuah persoalan maka terlebih dahulu adalah menemukan faktor penyebab persoalan tersebut. Setelah itu, baru melangkah pada upaya untuk mengatasinya. Tentunya, hal itu juga berlaku bagi individu yang ingin jago eksak. Sbelum menempatkan puasa sebagai solusi paling jitu dalam upaya menguasai ilmu eksak, maka terlebih dahulu memastikan persoalan yang sebenarnya menjadi penyebab kesulitan dalam menekuni ilmu eksak.

Dalam konteks ini terdapat beberapa faktor-faktor umum yang menyebabkan kesulitan mempelajari ilmu eksak. Sesungguhnya ini seirama dengan beberapa faktor-faktor yang menyebabkan seseorang kesulitan dalam belajar. Faktor-faktor tersebut meliputi beberapa hal sebagai berikut :

Fisikologis
Faktor fisikologis bertalian erat dengan kurang berfungsinya otak, susunan syaraf, maupun bagian bagian tubuh lainnya. Dalam hal ini, penting untuk disadari bahwa pada saat belajar, kesiapan otak dan system syaraf merupakan suatu hal yang paling penting dan memiliki peranan dalam menerima, memproses, menyimpan, kemudian memunculkannya kembali informasi yang sudah di simpan.

Kecerdasan (IQ)           
IQ merupakan slah satu faktor dominan yang bias menunjang kemudahan bagi seseorang dalam upaya menuai keberhasilan ketika mempelajari ilmu pengetahuan, tanpa terkecuali mata pelajaran eksak.

Motivasi
Motivasi merupakan faktor yang sangat penting menentukan kesuksesan seseorang dalam belajar, Motivasi merupakan dorongan untuk mengerjakan sesuatu, dalam konteks mendapat dorongan dari orang orang terdekat atau Individu itu sendiri , Misalam peran orang tua, Guru, dan sahabat

Minat
Minat belajar dari dalam setiap individu merupakan kunci utama yang memiliki pengaruh besar dalam kegiatan belajar.

Lingkungan Keluarga
Lingkungan sosial termasuk faktor penting dalam menunjang minat belajar setiap individu.

Lingkungan Masyarakat
Lingkungan masyarakat memiliki pengaruh yang besar dalam proses belajar seseorang. Setiap masyarakat yang pola kehidupannya bersebrangan jauh dengan cara belajar, maka hal itu memiliki efek yang lebih kuat.

Guru
Guru memiliki pengaruh yang besar terhadap proses belajar. Cara guru dalam mengajar, sangat menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Artinya seorang guru memiliki peran sebagai orangtua kedua. Di sisi lain, guru juga merupakan motivator, fasilitator, innovator, dan konduktor dari masalah masalah individu anak didik.

Media Pembelajaran
Media pembelajaran pembelajaran memudahkan tingkat pemahaman seseorang dalam proses belajar. Cukup beralasan jika beberapa pakar menempatkan media pembelajaran sebagai salah satu faktor penting yang bisa menunjang keberhasilan anak didik dalam belajar

Artikel Terkait

2 comments

kalo dipelajari terus menerus pasti bisa, gan mantap lah :D


EmoticonEmoticon