Saturday, 8 August 2015

Manfaat Olahraga



 Olahraga adalah aktivitas kaya manfaat. Sayangnya, manfaat olahraga mungkin kurang kita perhatikan. Padahal, ilmuwan tidak meneliti tentang olahraga, kecuali didapat hasil yang berujung pada saran kesehatan: lakukan olahraga. Resep dokter boleh macam-macam, tetapi olahraga tidak akan dilupakan. Ia bisa dikatakan obat ajaib. Selain itu, olahraga disertakan dalam usaha penyembuhan dan juga pencegahan penyakit.

Manfaat OlahragaOlahraga mencegah kita terjangkit penyakit-penyakit berbahaya, seperti stroke, diabetes, obesitas, bahkan kanker hingga penyakit bisa seperti flu. Tidak ada obat yang seperti olahraga, selain, menyembuhkan dan mencegah penyakit, juga meninggalkan ‘bekas’ yang menguntungkan pada tubuh. Olahraga akan membuat tulang menajdi kuat dan meningkatkan profil lemak darah: meningkatkan HDL, menurunkan LDL.

Olahraga juga mampu mengembalikan keseimbangan tubuh. Olahraga akan menstimulasi pembentukan pembuluh darah di berbagai tubuh, di antaranya di otak, di jantung, dan di otot rangka sehingga hasil akhir dari olahraga adalah meningkatkan transportasi oksigen dan nutrient ke daerah-daerah penting, seperti di jantung dan otak. Oleh karena itu, jika Anda telah tidur cukup dan makan bergizi, tetapi tetap mengantuk, pikirkan soal olahraga ini. Apakah Anda telah melakukannya. Olahraga juga membuat regulasi nafsu makan, meningkatkan kemampuan konsentrasi, vitalitas, dan energy serta tidur.

Dokter menuliskan resep, olahraga pasti sudah termasuk di dalamnya walaupun tanpa ditulis. Olahraga tak perlu lagi ditulis atau ditukar di apotek! Masyarakat yang kini dimudahkan oleh berbagai teknologi, 80%-90% melakukan aktivitas yang cenderung ‘diam’, suatu hal yang paradox untuk desain tubuh kita karena tubuh kita tersusun oleh 640 otot dan 206 tulang dan semuanya didesain untuk bergerak!

Bagi seorang Muslim, alangkah banyaknya potensi pahala yang didapat dilakukan seraya menggerakan banyak persendian. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Hurairah r.a bahwasanya Rasulullah Saw bersabda, “Setiap ruas-ruas persendian setiap insan adalah sedekah. Setiap hari dimana matahari terbit adalah sedekah, mendamaikan manusia yang berselisih adalah sedekah.”

Manfaat OlahragaSejumlah otot dan tulang tadi jika dibiarkan menganggur, maka akan membuatnya kehilangan kekuatan dan vitalitas. Dengan tidak bergerak, akan menurunkan atau membuat stagnan sirkulasi darah dan system limpa. Sirkulasi darah berkaitan dengan transportasi nutrisi dan oksigen, sedangkan system limpa berkaitan dengan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
Tanpa olahraga, pernapasan otomatis akan menjadi dangkal. Transportasi oksigen akan terganggu, di dalamnya transportasi nutrisi ke otak. Dengan olahraga, berarti kita menjamin ketersediaan nutrisi bagi 18 miliar sel. Citra dari olahraga yang berupa keisa-siaan waktu dan menimbulkan rasa sakt akibat capek, harus dihilangkan. Efek di kemudian hari yang harus kita pikirkan. Secara alami, setelah memiliki usia 70 tahun, kita akan kehilangan 30% massa otot, 15%-30% massa tulang, penurunan 60% kapasitas napas, serta penurunan 40% fungsi hati dan ginjal. Dengan berolahraga, secara radikal semua hal ini akan dihambat untuk terjadi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon