Saturday, 22 August 2015

Mencatat Sistem Mind Map

Teknologi Mencatat Sistem Mind Map

Mind Map merupakan suatu cara bagi Anda untuk membangun suatu gambaran kata (Monroe. 2007). Mind map dapat dipakai sebagai teknik membuat catatan dengan menggunakan pemetaan informasi yang dikombinasikan dengan warna, garis, kata kunci, dan gambar gambar. Sudah barang tentu, teknologi pencatatan ini lebih menekan pada gaya visual. Namun, dapat menjadi solusi terbaik bila ada yang masih sulit mengingat kalimat ketimbang gambar.

Cara membuat catatan mind map sebagaimana diuraikan Buzan (2004) dalam bukunya Mind Map untuk Mengingat Kreativitas adalah sebagai berikut.

1. Mencatat mulai dari bagian tengah
Memulai dari tengah akan memberikan keleluasaan bagi cara kerja otak  mengekpresikan diri secara lebih bebas.

2.  Gunakan sebuah gambar untuk gagasan sentral
Gambar yang terletak di tengah akan tampak lebih menarik serta membantu memusatkan pikiran

3. Gunakan warna pada seluruh mind map
Warna membuat mind map tampak hidup dan terlihat cerah serta tentu saja menyenagkan.

4. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar sentral dan hubungkan cabang-cabang tingkat kedua dan ketiga pada tingkat pertama dan kedua, dan seterusnya.

Otak bekerja dengan menggunakan asosiasi. Menghubungkan antarcabang tersebut akan membantu Anda dalam mengingat dan memahami.

5. Buatlah cabang-cabang mind map berbentuk melengkung bukannya garis lurus.
Garis lurus akan membuat otak bosan sedangkan garis melengkung akan tampak menarik dan indah.

6. Gunakan satu kata kunci per baris
 Setiap kata kunci tunggal akan menjadikan mind map lebih kuat dan lebih fleksibel.

7. Gunakan gambar di seluruh mind map
Kalimat "One picture is worth a thousand words," yang ditinggalkan oleh nenek moyang bangsa China seolah menjadi rumus sakti para pembelajar. Memang, sebuah gambar lebih bermakna dari seribut kata-kata. Bila sebuah kata saja sudah menunjukan kekuatan sebuah makna, maka bisa dibayangkan sebuah gambar memaknakan lebih dari seribu kata.

Bagaimana bentuk catatan dengan menggunakan teknolgi mind map? Selengkapnya dapat dilihat pada skema 1. Dalam hal ini, contoh yang digunakan masih berupa uraian yang pernah disampaikan oleh seorang dosen sewaktu kuliah dulu.

Skema Mind Map
   
 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon