Saturday, 22 August 2015

Ngobrol Asik dan Santai

Pentingnya Ngobrol Asik dan Santai

Di dalam hidup, hampir setiap hari kita berkomunikasi. Saat perjalanan menuju kampus atau kantor, menjemput anak di sekolah, jalan bareng sahabat, menghindari pertemuan dengan klien dan teman sejawat, ngajak klien makan siang, sampai wawancara kerja, orang nggak bisa hidup tanpa obrolan ringan. Nggak heran kalau sekarang sosial media begitu populer. Sebab, sifat dasar manusia memang suka mengobrol. Wajar juga kalau kafe-kafe selalu ramai dan menjamur.

Ngobrol memang gampang. Namun, pada saat ngobrol, selalu ada momen yang membuat kamu merasa nggak tau harus ngapain, bingung, dan pengen cepat-cepat kabur dari situasi itu. Misalnya, kamu diundang ke sebuah pesta atau pertemuan kecil. Di sana, nggak ada orang yang kamu kenal selain yang mengajak kamu. Terus, kamu panik karena nggak tau harus ngapain. Mau ngobrol dengan orang di sekelilingmu namun nggak ada yang kenal, mau ngobrol sama orang yang mengajakmu namun dia sedang sibuk dan asyik ngbrol dengan tamu lain di sudut lain. Jadinya, yang bisa kamu lakukan hanya menyantap makanan yang ada sambil bermain HP supaya nggak terlihat bengong dan mati gaya.

Ngobrol dengan WanitaPada kesempatan yang lain, kamu pernah kencan sama seseorang yang selama ini kamu sukai. Sebenarnya, sudah lama banget kamu ngebayangin situasi kencan seperti itu dengannya. Namun, di saat kencan, kamu nggak bisa ngomong apa-apa dan bingung mau bahas topik apa. Jadinya, kamu cuma cerita hal-hal yang nggak penting, seperti kerjaan, sepak bola, dan hal-hal yang dia nggak mengerti. Akibatnya, dia bosan dan justru main HP. Kamu tentu panik karena nggak didengerin dan merasa kencan yang selama ini diimpikan terancam menjadi kencan terakhir.

Di situasi berbeda, kamu melihat cowok atau cewek yang menarik banget di mal. Bagimu, dia sangat sempurna. Dialah orang yang selama ini kamu cari. Namun, kamu cuma bisa melihatnya dari jauh, sambil memikirkan cara untuk berkenalan dengannya. Karena kamu cukup lama mikirin cara berkenalan, ngobrol, dan dapetin kontaknya, akhirnya dia pergi dan kamu hanya terpaku tanpa berani menyapa.

Dari beberapa situasi tersebut, keterampilan untuk mengobrol secara santai dan asyik sangat diperlukan. Dengan berinisiatif untuk lebih dulu bersikap ramah dan memulai dengan orang yang hadir di pesta dan pertemuan tersebut, kamu nggak perlu membenamkan diri pada tumpukan makanan. Kamu justru mendapat kenalan baru dan ngobrol seru di dalam pesta tersebut.

Nggak semua orang mampu berbasa-basi dan berkomunikasi dengan baik secara alamiah. Beberapa orang lebih memilih hemat ketika ngobrol dan nggak berani berbasa-basi. Beberapa orang merasa aneh untuk bersikap ramah dan bersahabat dengan orang yang tidak dikenalnya. Sementara, beberapa lainnya nggak tau cara mengobrol dengan asyik dan santai.

Jangan berpikir, orang yang ramah, punya banyak teman, atau cepat dekat dengan orang lain adalah sebuah bakat. Mereka juga pernah mengalami kesulitan yang sama dengan kamu. Namun, mereka terus berlatih untuk bisa bersikap ramah terlebih dahulu, Nggak percaya? Sebagai buktinya adalah penulis sendiri. Pada awalnya, penulis termasuk orang introvert, nggak bisa ngobrol, bahkan gagap ketika memulai pembicaraan. Akan tetapi, dengan latihan dan teknik yang tepat, penulis bisa mengalahkan sifat tersebut. Kemudian, teknik-teknik tersebut saya bocorkan di dalam Artikel ini, think, you should try this too 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon