Friday, 18 September 2015

Cara Nguping yang Baik dan Benar

Teknik Nguping ("Nyamber")


nguping


Teknik yang sering digunakan di sosial media, seperti Twitter atau Facebook ini adalah menyimak obrolan orang lain, kemudian ikut berkomentar. Pikiran sebentar apa yang bisa dikomentari sesuai dengan pengetahuanmu. Lalu, masuklah ke dalam obrolan tersebut. Teknik "nyambar" di dunia maya ini ternyata bisa juga di pakai di dunia nyata.

Misalnya, target atau sekumpulan orang yang pengen kamu kenal ada di suatu sudut ruangan. Dekatilah dan seolah-olah melakukan sesuatu di dekat mereka. Misalnya, pada sebuah pesta dan di dekat mereka ada makanan atau minuman, kamu bisa berpura-pura memilih dan menikmati makanan, pasang telinga lebar-lebar ke pembicaraan di grup tersebut.

Tunggu kata-kata dan celah yang bisa kamu gunakan untuk masuk ke topik obrolan. Sebagai contoh :

"Tadi waktu aku lagi ambil makanan di sebelah, nggak sengaja dengar kalian ngobrol tentang stand up comedy. Ada yang pernah ikut stand up comedy ? Soalnya aku tertarik."

Buatlah seolah-olah kamu benar-benar tertarik pada topik yang sedang mereka bahas dengan menanyakan beberapa hal. Mereka tentu akan senang hati menjawab keingintahuanmu. Setelahnya, berhentilah bertanya dan membiarkan pembicaraan berlanjut ke topik awal sebelum kamu asik.

Akan tetapi, kalau dalam beberapa detik orang di grup tersebut nggak ada yang membawa lagi topik awal untuk dibicarakan, maka inilah waktunya bagi kamu untuk memperkenalkan diri dan eksplorasi lebih jauh tentang pribadi masing-masing orang yang ada di dalam grup tersebut, mulai dari pekerjaan, rumah, hobi, dan sebagainya.  

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon