Wednesday, 23 September 2015

Kunci Sukses Berteman dengan Siapapun

 Shakespeare pernah berkata, "There's no sound so sweet as the sound of one's own name." Tidak ada suara yang lebih indah dibandingkan suara nama sendiri. Memang benar, nggak ada orang yang suka ketika namanya di lupakan. Dengan menggunakan nama lawan bicara, maka akan tercipta sebuah perasaan terhubung, dekat, dan spesial bagi orang tersebut. Saat seseorang berusaha payah untuk mengetahui dan mengingat namamu, tentu kamu merasa istimewa. Selanjutnya, kamu menganggap orang itu sangat istimewa karena dia menghargaimu.

BertemanMenyebut nama orang lain adalah kunci untuk membuka pintu pertemanan. Nggak ada teman yang melupakan nama teman yang lain. Menggunakan nama orang lain, terutama ketika dia tidak mengira bahwa kamu bisa mengingat namanya, tentu membuat orang tersebut merasa dekat, sehingga tak jarang tiba-tiba menjadi ramah. Mengingat nama seseorang memang sulit, terlebih ketika baru pertama kali bertemu atau baru kenal. Namun, kesulitan tersebut sesuai dengan hasil yang akan kamu dapat.

Jika kamu diperkenalkan atau berkenalan dengan seseorang dalam sebuah kesempatan, berikan perhatian penuh kepada orang tersebut dan ucapkan namanya berulang-ulang gunakan secepat mungkin dalam pembicaraan tersebut begitu kamu sudah tau namanya. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengingat namanya dan mengakrabkan diri dalam obrolan. Sebagai contoh, kamu bertanya, "O iya Lastri, sekarang kamu kerja di bagian apa di bank itu?"

Setelah menggunakan namanya pada percakapan, pastikan kamu juga menggunakan namanya lagi ketika mereka hendak pergi. Misalnya, "Oke Lastri, senang berkenalan denganmu. Kapan-kapan kalau kamu mau mencoba makanan jepang, kabari aku ya."

Bila nama lawan bicaramu tak lazim atau sulit untuk di ucapkan, mintalah bantuan untuk mngeja. Misalnya, terry dengan "y" atau "i". Sebab, nggak ada yang lebih menjengkelkan, selain ada orang yang memanggil namamu dengan salah.

Buatlah asosiasi dari namanya untuk membantu ingatanmu. Bayangkan orang baru tersebut berdiri bersebelahan dengan orang dengan nama sama atau mirip, yang sudah kamu kenal sebelumnya. Bisa nama teman, selebriti terkenal, atau nama tempat. Kemudian, catat namanya.

Kalau memang sulit untuk mengingat nama, buat catatan untuk orang-orang yang baru kami kenal. Tulis di memo handphone atau draft sms. Kemudian, beri keterangan di phone book tentang orang tersebut, mulai dari tempat saat berkenalan, pekerjaannya, hingga topik obrolan saat itu. Catatan ini akan membantu ketika kamu bertemu dengannya lagi atau ketika ingin follow up orang tersebut untuk menjadi klien atau teman kencan kamu nantinya. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon