Wednesday, 16 September 2015

Manfaat Memiliki Jaringan Pertemanan yang Luas

 Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mark Granovetter, dari ratusan pekerja profesional dan teknis yang sudah dia teliti, didapatkan kesimpulan bahwa 56% orang memperoleh pekerjaan dari kenalan, 18% melalui iklan, dan 20% dengan cara melamar langsung ke perusahaan. Pada saat bertemu dengan orang baru, secara tidak langsung kamu juga memperoleh kesempatan untuk mengenal dan berhubungan dengan orang-orang yang juga mengenai orang tersebut. Ingat! tujuan dari sebuah perkenalan dan pertemuan dengan orang baru adalah membuat kontak, bukan menjual atau memprospek. Apabila kamu merasa bahwa kenalan baru tersebut mempunyai potensi bisnis, aturlah pertemuan selanjutnya di tempat lain, jangan langsung diprospek

Jaringan Pertemana


Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan memiliki jaringan luar:

1. Bagi kamu yang mempunyai bisnis pribadi, maka jaringan pertemanan yang banyak sangat penting, karena bisa menghemat biaya iklan. Keahlian atau jualan kamu sudah menjadi buah bibir di kalangan teman. Tinggal tunggu order masuk dari mereka.

2. Nggak perlu bingung kalau ingin bertanya mengenail hal-hal aneh. Mau mencoba hobi sepeda, tinggal menghubungi teman yang sudah lebih dulu mencoba. Mau bisnis lele, tinggal telepon teman yang sudah berkecimpung lama di bisnis tersebut. Bahkan, bikin paspor di kantor imigrasi bisa langsung menghubungi teman yang kerja di sana tentang prosedur pembuatannya.

3. Sebagai karyawan yang terkenal ramah dan mudah bergaul dengan orang baru, kamu akan lebih sering diberi tugas oleh bos untuk menemani tamu perusahaan. Ini tugas paling enak, karena nggak perlu berkutat dengan komputer dan kertas, bisa ikut makan enak, dan bebas dari jam kerja.
  
4. Bisa promosi dengan cepat. Networking nggak melulu dengan orang luar kantor, bisa juga dengan rekan stingkat, lebih rendah, atau lebih tinggi posisinya.

Semakin mudah bergaul dengan mereka, kamu akan semakin terkenal di mata teman-teman kantor sehingga akan berpengaruh besar pada karier. Kamu juga akan mudah memperoleh bantuan saat sedang kesusahan, bisa bernegosiasi tugas sulit ke atasan, hingga bisa mempengaruhi atasan dengan "bisikan-bisikan maut".

Sebelum melangkah lebih jauh tentang teknik-teknik untuk mendapat semua hal tersebut, kamu harus mengetahui opener-nya terlebih dahulu. Opener akan menjadi kalimat awal dan pembuka gerbang dalam jaringan pertemanan yang kamu buat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon