Tuesday, 22 September 2015

Memperkenalkan Teman Baru ke Teman lama


Memperkenalkan

Terdapat aturan khusus dalam dunia profesional ketika kamu memperkenalkan teman. Aturan khusus itu adalah selalu mengutamakan jenjang jabatan. Misalnya, saat jalan bareng dengan teman, kamu bertemu dengan atasan sehingga harus memperkenalkan keduanya. Kamu pun harus mengutamakan bos kamu tersebut.

"Pak Ratno (bos kamu), kenalkan ini Roni (teman kamu)." Pertimbangkan mana yang lebih penting dari dua orang yang akan kamu perkenalkan di tingkat profesionalitas Antara klien dengan teman sejawat, tentu lebih penting klien. Antara atasan dengan klien, tentu lebih penting atasan. 

Gimana jika kamu tidak tahu dengan pasti siapa yang lebih penting? Gunakan tradisi lama, yaitu menyebut nama orang yang lebih tua. Atau, jika antara wanita dan pria dengan umur sama, sebut nama wanita terlebih dahulu. kamu bisa memperkenalkan keduanya dengan cara keren yang membuat mereka bangga dan nyaman saat di kenalkan. Caranya adalah mencari hal-hal keren tentang kedua orang tersebut yang bisa diceritakan ke calon teman yang baru.

Misal, "Jon, kenalin ini Ray. Dia jago banget urusan komputer. Anak IT sih. Bisa bikin program apa saja yang diminta bos. Ray, ini jon. Hobinya travelling. Dia sering masuk ke hutan-hutan sampai gunung-gunung. Ekstrem 'kan?

Dengan perkenalan seperti ini, kedua orang tersebut akan mempunyai topik obrolan ketika kamu meninggalkan mereka untuk ngobrol. Selain itu, kedua temanmu itu juga lebih percaya diri. Mood keduanya lebih terbuka sehingga perkenalan dan obrolan antara mereka menjadi lebih hangat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon