Wednesday, 2 September 2015

Menjadi orang yang percaya diri


Percaya diri

Tujuan dari  bahasan sebelumnya bermuara pada kepercayaan diri. Percaya diri adalah hal yang penting. Kenapa? Sebab, kamu akan berhadapan dan berkomunikasi dengan berbagai macam orang, entah orang miskin, kaya, terkenal, punya jabatan penting, hingga pejabat. Jika kamu tidak memiliki kepercayaan diri terhadap diri sendiri, dijamin kamu akan minder, takut, dan keburu rendah diri sebelum berhasil mengucapkan satu patah kata.

Percaya nggak percaya, orang lain, terlebih lagi orang besar yang sering berhubungan dengan orang lain, dapat mengetahui apakah kamu memiliki kepercayaan diri atau tidak hanya dengan melihat sekilas dan berbicara dalam hitungan detik. Sebab, kepercayaan diri terpancar dari seberapa nyaman kamu membawa diri. Ketika memiliki kepercayaan diri, tubuhmu akan mengomunikasikan pada dunia luar bahwa kamu bahagia dengan diri sendiri, tidak takut terhadap apa yang akan terjadi nantinya, tahu dan mengerti betul tentang apa yang kamu lakukan, serta tidak bergantung terhadap apa pun.

Kepercayaan diri berkaitan erat dengan self respect, yaitu cara seseorang menganggap dan memandang dirinya sendiri, serta seberapa besar kebanggaan nya menjadi diri sendiri. Kalau kamu melihat diri sendiri sebagai orang yang jelek secara fisik, misalnya kegemukan, kekurusan, kependekan, atau jelek dalam bidang lainnya, seperti nggak gaul, nggak pintar, telat mikir, dan sebagainya, maka sudah pasti kamu memiliki kepercayaan diri yang sangat rendah. Sebaliknya, kamu melihat diri sendiri sebagai sosok yang tampan atau cantik secara fisik, pintar bergaul, pintar dalam pelajaran, dan sebagainya, maka kamu pasti memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Apa yang harus dilakukan ketika pikiran-pikiran negatif muncul dan menghantui? ketika pikiran nakal tersebut muncul, segera kendalikan pikiranmu dengan memfokuskan pikiran ke saat ini, moment ini, dan nikmati apa pun dan dimana dirimu saat ini.Yakinkan diri bahwa segalanya akan baik-baik saja dan kamu selalu siap untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Selama ini, mungkin kamu sudah terbuai dengan perhatian terhadap hal-hal buruk, ada banyak hal positif dan baik yang ada di dalam diri kamu.

Ingin dekat sama dia, tapi merasa nggak berharga? Nggak perlu takut! Samperin dia sekarang juga dan ajak kenalan. Merasa terlalu biasa untuk dia yang cantik banget? Nggak perlu minder! Tanya nomor handphone nya. Merasa takut untuk mengajak keluar teman baru karena takut salah ngomong? Langsung telepon dia dan ajak keluar bareng.

Ini bukan bercanda atau memperolok. Pada akhirnya, semua adalah masalah bahasa tubuh. Orang lain nggak akan pernah tau apa yang sat ini kamu rasakan, apa yang ada di pikiranmu, seberapa besar perasaan takutmu dengannya, kecuali kalau kamu sendiri yang memberi tahunya dan nggak melakukan apa-apa.

Sekian semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon