Monday, 16 November 2015

Ini dia 11 Keuntungan Jika Meluangkan Waktu untuk Olahraga

Ilmuwan Inggris mendapatkan hasil yang sangat mencengangkan bahwa aktivitas fisik orang yang berolahraga sekitar 200 menit perminggu ujung kromosomnya bisa terjaga dari pemendekan usia. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa orang yang berolahraga 200 menit/minggu ujung kromosomnya akan sama panjang dengan ujung kromosom orang yang tidak berolahraga yang usianya 10 tahun lebih muda. Olahraga adalah antipenuaan bagi sel otak.

Berikut ini adalah 11 Manfaat dan Keuntungan Jika anda Berolahraga :

11 Kentungan Berolahraga


1. Dengan olahraga yang dilakukan, otak menerima pesan bahwa sedang terjadi metabolisme yang tinggi. Akibat pesan ini, cadangan makanan yang ada akan dibakar. Lebih jauh, lemak dalam tubuh akan dipertahankan berada dalam level yang menyehatkan.

2. Bagi wanita, olahraga dapat menghilangkan sejumlah gejala menstruasi seperti nyeri atau mood yang tidak baik.

3. Olahraga, dalam hal ini jenis latihan beban, akan memperkuat dan mempertebal jaringan ikat. Kuat dan tebalnya jaringan ikat ini akan membantu kekuatan dan perlindungan sendi-sendi tubuh.

4.Olahraga membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin dalam darah. Ini adalah morfin alami sehingga olahraga membuat kita lebih mood. Olahraga adalah cara memperbaiki mood yang menyehatkan.

5. Olahraga membuat mitokondria del digandakan. Mitokondria adalah bagian sel yang berperan sebagai 'pembangkit' energi/liatrik' bagi sel dengan memecah lemak dan karbohidrat. Dengan demikian, sekalipun olahraga adalah aktivitas mengeluarkan energi, ia akan memberi energi ekstra harian bagi kita melalui penggandaan mitokondria ini.

6. Olahraga berupa gerakan-gerakan perenggangan akan meningkatkan sirkulasi dan melumaskan sendi serta juga meregangkan otot-otot sekitar sendi. Gerakan peregangan memperbaiki range of motion ( ROM ), yakni terkait kemampuan sendi dalam melakukan gerak hingga mencapat sudut-sudut maksimal.

7. Olahraga beban memastikan tulang dalam kondisi kuat. Latihan beban ini mencegah hilangnya densitas atau kepadatan tulang. Ini merupakan cara terbaik dalam mendapatkan tulang yang kuat dan sehat. Mengingat osteoporosis tidak ada obatnya, di sinilah letak pentingnya mencegah daripada mengobati

8. Olahraga menimbulkan efek domino dalam mencapai gaya hidup sehat lainnya, seperti mengurangi merokok atau mencegah banyak makan.

9. Olahraga membangun tubuh yang tidak rentan terhadap penyakit. Penyakit pembunuh utama seperti jantung koroner dapat diturunkan hingga 50% dengan perubahan gaya hidup yang di dalamnya termasuk olahraga.

10. Olahraga meningkatkan sirkulasi dan oksigen tubuh sehingga racun dan limbah di tubuh bisa dieliminasi secara efisiensi. Tidak hanya itu, olahraga juga membuat nutrisi tersampaikan secara maksimal ke seluruh jaringan tubuh.

11. Olahraga mencegah terjadinya penumpukan lemak, dan kolestrol di pembuluh arteri sehingga dari penyakit jantung.

Itu dia 11 Manfaat kentungan yang sangat Mahal jika kamu melakukannya, jangan lupa kalo suka artikel nya share ya :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon