Wednesday, 6 April 2016

Pengalaman Mengikuti Sertifikasi BPPTIK Junior Network Administrator

Hallo pembaca blog niceposting kali ini gw akan menceritakan pengalaman gw mengikuti sertifikasi di BPPTIK gw ambiil jurusan Junior Network Administrator,  jadi gini gw mengikuti sertifikasi BPPTIK ini atas ajakan temen gw namanya kiong dia sebenernya daftar udah lama dan baru di respon berbulan bulan kemudian kira2 setelah 3 bulan baru di telepon ama pihak sono nah setelah dia di telepon lalu gw di ajaklah kira2 percakapannya gini :
A = Ane
K= Kiong 

K = Cui lu mao ga ikut ga pelatihan di BPPTIK adabanyak tuh jurusan lumayan di sono sejahtera dapet sertipikat lagi kita di sono seminggu dapet penginepan slow.

A = Lah ayo gw ma mayan tuh sambil ngisi waktu (kebetulan gw di rumah aja biasa ngepet online) jurusan nya apa aja

K = Lu liat aja di web nya BPPTIK ada Desain Grafis, Junior Digital Art, Programing,Junir Network Administrator itu katanya

A = Asik ada Desain Grafis ( ane sebenernya lulusan SMK TKJ tapi ane demen mao belajar tentang Desain Grafis ) ok gw ikut Desain Grafis tapi kita di latih dulu kan ya masalahnya Laptop gw rusak dapet PC kan ya ?

K = Iya slow pasilitas udah semua ada kita tinggal bawa badan

A = Ok jadi berangkat kita..!!!

Saat itu juga gw daftar dan besoknya di telepon pagi2 sama pak siapa gw lupa jadi dia bilang mas dateng ya nanti masih ada sisa kuota banyak nih kalo bisa ajak temen lagi ( dan gw bingung ajak siapa bodo lah gw ga usah ajak siapa2 gw juga bingung mao ngajak siapa temen gw pada sibuk ) dan gw bilang  Ok siap pak, Kebetulan lokasinya di cikarang sedangkan gw di Jakarta Timur dan mulai hari "H" nya jam 8 pagi jadi gw sama temen gw berniat berangkat sebelum hari H jadi gw nginep di sana sebelum hari H.

Setelah gw udah siap2 dan berangkat sama temen gw 1 hari sebelum mulai dari jaktim ke cikarang lumayan lama dan macet juga gw berangkat siang2 nyampe di BPPTIK jam 3 sore disana gw masuk sama temen gw pertama masuk gerbang di sambut satpam dan di persilahkan masuk untuk ke arah tempat istirahat dan gw sama temen gw langsung di kasih kunci kamar kebetulan gw sama temen gw yang paling pertama dateng jadi di kasih konci kamar yang posisinya paling pojok hehe, setelah ke kamar langsung kita istirahat ( Kamarnya bersih enak pokoknya kaya di hotel2 bintang 2 lah hehe ).

[ Hari Pertama ] Besoknya pas hari H mulai banyak berdatangan teman2 yang mengikuti BPPTIK dan dateng dan kamar2 pun mulai terisi sekitar jam 8 pagi kita di kasih makan ( Pokok nya Sejahtera kalo ngikut BPPTIK mantap pokok nya hehehe) setelah makan lalu kita menuju tempat Aula untuk mendengarkan seminar dulu dan di jelasin masalah teknis2 nya, dannn ternyata ini langsung SERTIFIKASI!!! wadaw gw mikir kalo gw ngikut desain grafis gimana ini.... gw belajarnya gimana LAPTOP gw rusak bawanya Notebook ga bisa ngapa2 in nanti ya walau dapet PC tapi kan buat belajar juga pas jam istirahat nya, Jadi gw rubah pemikiran ngikut JNA aja deh ( Kebetulan Gan/Sis yang ngikut desain Grafis kaga ada wkwkwk kan di absen tuh pas ditanya yg ngikut bagian ini siapa pas Desain Grafis kaga ada yg tunjuk tangan wlkwkw gw ga jadi ikut , Kebetulan boleh pindah jurusan sebelum hari ujian nya) langsung aja gw daftar JNA aja biarin lah seengga nya basic gw udah ada kan gw lulusan SMK TKJ yaa walau gw ga nyaman dalam belajar hal jaringan hehe, jadi gw ngikut JNA supaya gw lancar aja biar ga bego2 amat kalo gw ngikut Desain Grafis lahh gw baru belajar belom Master langsung sertifikasi kirain gw di latih dulu gitu gan, Yang lain juga pada kaget kirain di latih dulu ehh kaga hedhh ( tapi gapapa lah buat pengalaman ).

[ Hari Ke Dua ] Setelah kemaren di jelasin tentang proses dan apa yang di ujikan saatnya hari ke dua ini kita mulai masuk kelas di dalam kelas kita pengenalan dulu dan langsung istilahnya Simulasi Ujikom nya ( Kebetulan Ane ada Soalnya nanti ane Share deh tunggu aja ) kita di suruh ngerjain soal tertulis dan jawabannya di taro dikomputer masing2 yang sudah di sediakan ( kebetulan duduknya di semacem Lab Komputer )  dan itu seharian bro ga tau kenapa gw juga bingung ama soalnya hehe soalnya tentang buat desain jaringan di tentuin Subnet nya ( pokoknya nanti ane share soalnya ) seharian tuh sampe jam 4 sore kira2 baru udahan dan lanjut besok hari ke-3.

[ Hari Ke Tiga ] nah hari ini tes praktek + soal di mulai semalem pada belajar rame2 di luar kamar hehe cuma bahas soal yang hari pertama itu pada bingung , nah pas hari ini kita juga ngerjain soal yang hampir sama ternyata malah sama bangat bedanya cuma ada tambahan lagi teori2 nya jadi Prakteknya cuma bikin Desain Jaringan di PC yang ada di soal nah itu sampe jam 4 juga lanjut besok hari Ke-4.

[ Hari Ke Empat ] Nahhh ini ini yang paling Horor anak2 pada panik soalnya kita di wawancara gitu tentang soal dan praktek Desain jaringan yang kita kerjain kemaren pas hari ini di panggil acak 1-1 buseh gan/sis lama bangat pada keluarnya soalnya di tanya + di jelasin + di Praktekin ulang gitu kaya desain jaringan trus di tanya2 sama penguji nya dia nanya terus kita harus praktekin di depan dia kebetulan hari ke 4 ini gw ga di panggil jadi gw kenanya besok pasti lanjut lah hari ke 5.

[ Hari Ke Lima ] Nahh ini gw udah niat si gw mao maju pertama aja soalnya pasti yang mao duluan siapa gitugw niat gw aja nanti kalo di tanya ( supaya lega gw ya walau ga ngarti hehe  yang penting pengalaman ) bener gan ternyata di tanya siapa yang mao... langsung gw aja masuk nah pas masuk gw berusaha rilex santai hehe padahal ma degdegan hehe pas duduk di tempat gw lalu gw di introgasi m "Mana soal yang kemarin udah selesai semua ?.." "ohh ini pak udah udah..." "Coba jelasin tentang ini...." "blalblalballa (gw bisa)" "Coba Ini gimana supaya anu..?" "gw ngejalisin sambil praktel, jadi ginipa..balbalblalblabl ( gw bisa dan seterus nya ) tapi pas pertanyaan yang terakhir anjas dia ngejebak dan emang gw juga bingung si ditanya tentang Subneting jaringan "coba ini hasilnya dari mana kalo gedung ini ke ini pake subnet gimana blbalala" " Jani gini pak,,blalbla ( gw jawab ngawur yang penting jawab pokok nya jangan bilang ga bisa itu aja prinsip gw hehe ) " Ahh kamu gimana si,,, ngawur , Ok baik sudah sampe sini aja hmm jadi kamu cuma 1 yang ga bisa nih kamu belom bisa dapet sertifikat karena syaratnya harus bisa semua" " hmm oke dah pak makasih pak  langsung ane keluar dengan hati biasa aja si orang emang ane ikut jaringan buat pengalaman aja hehe dari pada ga ngiku udah nyampe " ( Padahal gan/sis  LULUS kaga nya tuh tergantung Pengawas ane pengawasnya gitu bangat nanya nya jebak dan pertanyaan level Master, temen ane yang nanya pengawas atu lagi pertanyaan nya gampang bangat dan pengawasnya baik dia menghargai apa yang di jawab dan lulus hmmm memang bukan rejeki ane si hehe pokok nya tergantung pengawas/penguji yang nanya )".

[ Hari Ke Lima ] Nah ini hari terakhir kita berkemas2 untuk balik dan sebelum balik kita ngumpul di aula untuk mendengarkan kesan pesan dll ada 1 orang dari jurusan ane memberi kesan pesan yang memang di rasakan sama gw dan kawan2 laen dia bilang gini ( Oke saya anu saya mao bicara kesan pesan saya , hmmm fasilitas bagus kita juga nyaman di sini dan sayangnya kita pikir ini di latih dulu dan ternyata Langsu di Uji kita semua pada istilahnya kelabakan langsung belajar gitu tanpa di latih ) gitu di bilang dan langsung di tepuk tanganin Prok5x dan setelah acara kesan pesan dll , kita di kasih sertifikat kehadiran ini sertifikat depet semua walau ga lulus kalo  sertifikat Ujikom beda lagi, dan dapet duit juga lumayan buat jajan hehe. Oke sekian dari gw maaf tulisan gw acak2 kan maklum masih belajar hehe ,

YANG MAU TAU SOAL Ujikom BPPTIK JNA nanti ane share ye tunggu aja

BPPTIK Cikarang






Artikel Terkait


EmoticonEmoticon